Mantan Jenderal AS Prediksi Kegagalan Menginvasi Ukraina Bakal Picu Runtuhnya Rusia

Sabtu, 12 November 2022 - 09:33 WIB
loading...
Mantan Jenderal AS Prediksi Kegagalan Menginvasi Ukraina Bakal Picu Runtuhnya Rusia
Ben Hodges, pensiunan jenderal Amerika Serikat, prediksi kegagalan Moskow menginvasi Rusia akan memicu runtuhnya Rusia. Foto/via CNBC
A A A
WASHINGTON - Pensiunan Letnan Jenderal Ben Hodges, mantan komandan Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) di Eropa, percaya kegagalan Moskow dalam menginvasi Ukraina akan menjadi awal dari runtuhnya Federasi Rusia .

"Ada gaya sentrifugal yang bekerja yang akan memisahkannya," katanya kepada podcast ABC News Daily,yang dilansir Sabtu (12/11/2022).

"Saya yakin kita perlu bersiap untuk kemungkinan pecahnya Federasi Rusia."

Hodges, yang pernah bertugas di Irak dan Afghanistan, mengatakan Rusia telah gagal dalam tujuan utamanya: untuk menyerap Ukraina kembali ke bekas kekaisaran Rusia.

Sebaliknya, dia percaya invasi Presiden Rusia Vladimir Putin selama sembilan bulan telah mengungkapkan tiga faktor utama yang dapat berkontribusi pada keruntuhan total Rusia seperti yang ada saat ini.



Yang pertama, katanya, adalah karena banyak kesalahan perhitungan militer Rusia telah mengekspos tentaranya sebagai "rentan, lemah, dan korup".

"Beberapa dari 120 kelompok etnis berbeda dan republik kecil yang membentuk Federasi Rusia melihat bahwa ini adalah kesempatan mereka. Mereka tahu bahwa merekalah yang membayar harganya," kata Hodges.

Banyak dari kelompok etnis yang lebih kecil ini sangat terpengaruh oleh upaya Rusia baru-baru ini untuk mewajibkan 300.000 tentara cadangan hasil mobilisasi parsial untuk berperang di Ukraina.

"Saya pikir beberapa dari mereka, seperti Dagestan, misalnya, bahkan mungkin Chechnya, melihat ini sebagai kesempatan mereka untuk keluar dari kendali imperialis Rusia," katanya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0928 seconds (0.1#10.140)